Hot!

Kamu Wajib Tau Cara Mengamankan Komputermu dari Virus dan Malware


 



Kamu Wajib Tau Cara Mengamankan Komputermu dari Virus dan Malware


Mozunote.com- Apa itu virus apa itu malware, dua jenis gangguan kemanan untuk momputermu yang kadang tidak diketui orang banyak. kedua gangguan tersebut memiliki cara penanganya yang berbeda pula, untuk pembukaan akan saya jelaskan dulu apa itu virus dan malware.


Virus adalah program superkecil yang bisa memperbanyak dirinya sendiri didalam komputer mu dengan tujuan bermacam macam yang dapat merusak sistem operasi dan program- program yang ada didalam komputer mu. sedang  malware adalah program softweare yang dibuat untuk kepentingan tertetu yang dapat mengganggu atau merugikan dari pihak yang terpasang software tersebut. 


Perlu diketahui bahwa jika sebuah komputer terinfeksi virus dan kemudian virusnya telah hilang terbasmi oleh antivirus tidak serta merta file atau sistem yang telah rusak akan otomatis kembali menjadi normal, contoh untuk virus ransomware, walalu virus nya sudah hilang namun file-file yang di rusak oleh virus tersebut kadang sulit atau bahkan tidak bisa kebali menjadi normal.


di jaman era serba internet ini kita harus waspada akan penyebaran virus dan malware untuk itu ada beberapa tips pencegahan;


1. Jangan kunjungi situs-situs bebahaya di internet dimana situs tersebut kadang menyisipkan virus atau malware di halaman mereka ketika kita akses malware akan mencoba menginfeksi lewat browser kita, jika kita tidak waspada dan oke kan saja setiap ada notifikasi yang keluar, maka akan banyak malware dan virus yang masuk ke komputer kita.


2. Waspada dalam  mengdonwload file .exe , memang tidak semuanya berbahaya namun ini salah satu yang sering dilakukan oleh orang kebanyakan yang tidak tau ketika mau download film yang harus nya berformat mp4 atau mkv malah file exe yang di download karena mempunyai nama yang sama dengan judu film yang mau didownload. akibatnya ketika file  .exe tersebut di buka maka otomatis virus atau malware akan tepsang di komputer mu.


3. Hati-hati menginstall software bajakan, sudah menjadi hal biasa di indo ini untuk memasang software bajakan di komputernya, dengan fitur yag tidak ada bedanya dengan software asli memasang software bajakan kadang dilakukan bukan karena masalah uang namun karena hal ke praktisan dan tidak mau ribet ssaja, jika tidak hati-hati sudah pasti akan terpsang juga virus atau malware sisipan dari program bajakan yang kita install tersebut. untuk itu hati-hati lah.


3. Gunakan selalu antivirus yang selalu update, jika tidak punya uang untuk beli lisensi tahunan maka bisa gunakan antivirus geratis yang bukan hanya Trial 30 hari atau sejenisnya. Untuk sekedar info, kualitas dari hampir setiap brand antivirus kadang tidak selalu sama setiap tahun nya, kadang tahun ini yang bagus antivirus A mungkin tahun depan belum tentu karena sesuai denga perkembangan teknologi virus yang terus berkembang juga. Jadi haru selalu up to date ya. untuk rekomendasi 5 Antivirus Geratis Terbaik 2020, berikut pilihan saya


5 Free Antivirus Dan Malware Terbaik 2020



4. Hapus Anti virus yang sudah kadaluarsa dan tidak ada pembaharuan dari server karena akan menggangu sistem jika biarkan. Biasanya jika kita beli antivirus itu masa aktif nya hanya setahun dan program antivirus geratisan biasanya ada pembaharuan program tiap tahun, disamping pembaharuan database virus, jadi kesimpulanya antivirus harus selalu terupdate baik program dan juga database virusnya.


5. Jangan Instal Sembarangan program-program yang bertemakan Anti malware atau antivirus karena justru itu memberatkan sistem dan hanya penuh dengan Iklan atau Adds dan malah justru itu adalah malware nya, gunakan program-program yang sudah terkemuka dan dipakai banyak orang.


6. Jangan Sembarangan membuka link yang diberikan oleh orang lain di medsos atau email, jika kamu merasa curiga konfirmasi terlebih dahulu dengan pengirim yang bersangkutan agar tidak terjadi penyususupan data ke akun medsos atau email mu. Biasankan untuk mengetahui alamat link dari media-media  kredibel yang bisa dipercaya seperti mozunote.com.


7. Jika Kamu belum menginstall Antivirus namun ternyata telah terinfeksi Malware, kamu bisa coba untuk menghilangkanya dengan cara berikut;

  • - Download Antimalwarebyte kemudian scan dan bersihkan semua komputermu dari malware.

          Antimalwarebyte Free

  • - Pasang Antivirus yang saya rekomendasikan diatas. kemudian scan kembali menggunakan antivirus tersebut. 

  • - Setelah dirasa bersih kamu boleh menghapus Program antimalwarebytenya karena program tersebut hanya program trial 30 hari, namun untuk antivirusnya agar tetap terpasang 


8. Jika Kamu terinfeksi virus namun dirasa belum terlalu parah dan bukan terkena virus mematikan seperti ransomeware dan sejenisnya, kamu bisa coba menggunakan fitur System Restore di windows dan cari tanggal yang dimana di hari itu komputer kamu masih dalam keadaan baik. untuk itu jangan lupa untuk selalu menyalakan system restore terutama untuk drive C:


Namu perlu diingat bahwa file-file yang rusak dirusak virus kadang tidak selalu kembali normal lagi walaupun virusnya sudah hilang.


9. Jika Kamu Terinfeksi Virus Cukup berat dan tidak bisa menggunakan Sistem Restore, kamu bisa coba menggunakan fitur recovery windows, namun fitur ini hanya ada di Windows 10 ya, kamu bisa masuk ke menu recovery melalui Setting windows. kamu bisa pilih beberapa tipe recovery


  • - Mereset windows tanpa mendelet file windows sebelumnya
  • - Mereset Dengan menghapus Sistem sebelumnya
  • - Mereset dengan Memformat partisi sistem secara keseluruhan

Untuk detail cara mereset windows 10 akan saya bahas di artikel selanjutnya.


10. Jika Komputer kamu mengalami kerusakan sistem dengan berat dimana partisi recovery windows pun rusak dan windows tidak bisa diakses sama sekali, kamu wajib menginstal ulang windows 10 dari awal lagi dan pastikan kamu tidak menyimpan data-data di drive c . 

Berikut Cara Mudah Install Ulang Windows 10 Di Komputer Untuk Pemula



Oke temen-temen sebenarnya banyak sekali yang bisa dibahas untuk  mengamankan komputermu dari virus dan malware, namun sekian dulu untuk artikel kali ini jika ada yang ingin ditanyakan kamu bisa komen saja dibawah atau bisa kunjungi di Page Facebook

Sekian Terimakasih.








Banner IDwebhost
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar