Hot!

Cara Mudah Install Ulang Windows 10 di Komputer Untuk Pemula


 

Cara Mudah Install Ulang Windows 10 di Komputer Untuk Pemula

Mozunote.com- Hari ini kita akan coba buat tutorial cara Instalasi Windows 10 dari awal, buat temen-temen yang masih bingung caranya gimana yu, kita pantau caranya dari awal sampai selesai. Perlu diketahui bahwa untuk instalasi windows 10 ini ada 2 cara yang biasa digunakan, cara pertama adalah cara dimana komputer kita sudah terpasang windows 10 kemudian kita  install ulang lagi dengan menggunakan recovery windwos yang sudah ada didalam komputer tersebut sebelumnya, cara pertama ini cukup efisien jika komputermu belum pernah di pasang windows 10 sebelumnya atau masih mempunya backup recovery windows yang masih bagus.


Cara kedua adalah Clean Instalasi yaitu instalasi Windows 10 dari awal menggunakan perangkat dari luar baik itu DVD atau Flashdisk yang sudah di bootable dan di Install Windows 10 didalam flashdisk tersebut terlebih dahulu. cara yang ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengembalikan Windows 10 kamu agar kembali fresh seperti sediakala karena tidak bergantung pada sistem recovery windows yang ada didalam komputer sebelumnya, jadi jika windows kamu sudah rusak parah tidak bisa di recovery windows atau malah belum pernah di install windows sebelumnya bisa menggunakan cara ini.

Berikut tahapan-tahapannya.


1. Pertama untuk instalasi windows siapkan dulu Flashdisk Bootable sebagai media untuk menginstall windows kedalam komputer kita, jika belum tahu caranya mudah bisa di cek di Cara Buat FlashDisk Untuk Install Ulang Windows


2. Colok kan flashdisk ke komputer kemudian hidupkan komputernya, sambil nyala tekan-tekan ESC untuk memunculkan menu Booting pada komputermu, setelah muncul Boot menu pilih nama  flashdisk yang akan digunakan untuk instalasi, setelah itu klik enter dan masuk ketahapan selanjutnya.


3. Masuk kedalam Menu Instalasi Windows, Tahap pertama sesuaikan saja Time and Currency format gunakan Indonesia, yang lainya biarkan saja kemudian Next.





4. Setelah muncul Tombol Install maka klik saja tombol tersebut .




5. Untuk Tahap ini masukan Key yang kamu punya jika tidak punya Klik saja " I dont have a Key" kemudian klik tombol next. cara untuk aktivasi windows akan saya bahas di artikel selanjutnya.





6. Masuk Ketahap memilih Versi dari windows 10 yang akan kamu Install, untuk tahap ini saya pilih windows 10 pro, pilih dan kemudian klik next




7. Karena kita akan Instalasi Windows 10 dari nol atau dari awal maka pilihlah menu yang bawah atau Custom: Install Windows Only (advanced)



8. Karena disini hardisk cuman satu maka harus di partisi terlebih dahulu hardisk tersebut, namun jika sudah ada beberapa partisi hardisk atau drive didalam komputer mu, maka pilihlah Drive Primary yang paling awal untuk tempat instalasi windows, jangan lupa untuk memformatnya terlebih dahulu. untuk itulah disarankan agar tidak menyimpan data di drive C: karena Drive C biasanya digunakan untuk Instalasi Windows yang setiap saaat kadang diperlukan untuk di format dan di Install Ulang.



9. ini merupakan cara mempartisi hardisk dari awal, jika hardisk mu belum pernah di partisi sebelumnya. Untuk jumlah kapasitas disk bisa disesuaikan.




10. Setelah selesai di partisi drive pilih di partisi ke 2 yang merupakan partisi primary. kemudian klik Next.



11. Ditahap ini kita harus menunggu sampai windows terpasang sampai selesai biasanya sekitar 30 menit tergantung dari kecepatan Komputermu juga, tunggu sampai komputer merestart sendiri dan kali ini biarkan saja tidak usah di booting ke Flashdisk namu flashdisk jangan sampai dicabut.



12. Setelah selesai Proses diatas maka akan masuk ke proses berikutnya yaitu proses setup konfigurasi dari windows untuk ditahap ini karena saya akan menggunakan user local agar komputer bisa di akses lebih mudah, untuk itu matikan dulu sambungan internetnya. klik "use Express setting"



13. Masukan username dan password untuk menjaga keamanan dari komputermu 




14. Terakhir adalah Next dan tunggu setup sampai  selesai biasanya sekita 5 menitan. jika sudah maka akan masuk kedalam windows  sperti dibawah.








Seletah melalui tahap akhir ini sebenarnya sudah selesai komputer kita sudah bisa kita gunakan seperti biasa, namun untuk program-program lainya perlu kita install terlebih dahulu seperti chrome, winrar dan MSOffice Word,excel,power Point dll). jika terjadi kesalahan dalam proses instalsi windows tersebut bisa saja terjadi karena banyak hal dan perlu ditelusuri terlebih dahulu penyebabnya.

oke sampai disini dulu teman-teman, jika da yang perlu ditanyakan, komen saja di kolom komentar nanti akan berusaha saya bantu. Terimaksih semoga bermanfaat.








Banner IDwebhost
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar